Kamis, 29 September 2016

Mengakali Jumper TP-Link MR3220 yang mati total


Kamis, 29 September 2016, TP-link MR3220 sebagai receiver jaringan 3G wifi saya tiba-tiba mati total. Perkiraan awal, router ini kadang-kadang mengalami gangguan di kabel aliran listrik (dari adaptor ke konektor router), karena router ini di taruh ke luar ruangan dengan pelindung, namun kabel sering bermasalah karena kena panas dan hujan. saran saya jangan pernah pakai kabel serabut jika hendak di tempatkan keluar rumah, karena kabel serabut gampang rusak. setelah dipastikan kinerja adaptor berjalan baik dengan pengukuran memakai avo meter dengan daya masukan 9 vol. maka saya berpikir ada lost daya menuju ke IC atau IC power rusak atau ada elco yang rusak. setelah salah satu elco 10 v dekat konektor power, hasilnya tidak ada perubahan. Daripada pusing cari jalur power, mending di jumper... Dan inilah prosesnya. persiapkan alat : 1. Solder dan timahnya 2. Kabel USB bekas yang malenya bagus 3. Kabel-kabel kecil, bisa bekas kabel stik PS2 atau semacamnya Oke siap Action : 1. Solder kabel USB ke J1 (jumper 1) router mr3220 dengan urutan seperti gambar :
2. Karena USB modem 3G butuh asupan daya 5V, maka Daya USB modem juga di jumper dari kabel USB tadi, Kabel merah USB (5V) ke 5v USB Modem soket Female (kabel hitam),
3. Saat ini kita tidak lagi membutuhkan adaptor, daya yang diperoleh dari usb tadi di colokkan ke PC atau adaptor Cas HP yang output 5volt.
4. Inilah hasilnya

4 komentar:

  1. itu ada kabel kuning untuk apa ya min...saya kemaren nyoba bisa nyala dan work, tp sekarang bisa nyala tapi wifinya tidak terdeteksi, itu kira2 kenapa ya min..

    hidayatodivian@gmail.com

    BalasHapus
  2. Terimakasih sudah mampir ke blog saya....sory kabel kuning lupa dilepas...jadi tidak terpakai...kalau wifinya tidak terdeteksi itu dimungkinkan ada kerusakan pada bagian wifi adapternya...Coba cek dulu di pengaturan wifinya, barangkali wifinya belum diaktifkan...Kebetulan saya pake router ini untuk penerima signal 3G tidak sekaligus memancarkan wifi, jadi wifinya di nonaktifkan...untuk pemancarnya dipakai router lain... semoga membantu...kalau ada pertanyaan lain silahkan inbox di FB : Abin Micsla

    BalasHapus
  3. Di router huawei j1b apakah sama dengan j1?

    BalasHapus